BPBD jateng adakan pelatihan


 

BPBD – Penyelenggaraan penanggulangan bencana merupakan tanggung jawab bersama antara pemerintah, masyarakat serta lembaga usaha. Dalam hal ini, tugas pemerintah Provinsi Jawa Tengah melekat pada tugas pokok dan fungsi BPBD Provinsi Jawa Tengah. Dalam rangka memberikan perlindungan kepada masyarakat dari ancaman bahaya dan selaras dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku, BPBD memperhatikan potensi dan kemampuan masyarakat dalam rangka membangun partisipasi dan kemitraan aktif masyarakat. Sesuai dengan paradigma pengurangan risiko bencana, aspek pencegahan dan kesiapsiagaan merupakan hal yang penting dan prioritas dalam penyelenggaraan penanggulangan bencana. Dalam rangka hal tersebut, BPBD Provinsi Jawa Tengah menyelenggarakan sosialisasi regulasi, pelatihan manajemen dan teknis berupa Gladi Manajemen dan Gladi Lapangan Kebencanaan se Jawa Tengah Tahun 2010.

Maksud dan Tujuan :

Gladi manajemen dan gladi lapangan kebencanaan dilaksanakan di Kabupaten Magelang, yang dilaksanakan selama 3 (tiga) hari. Maksud dan tujuan penyelenggaraan gladi, yakni : (1) Melatih aparat dan masyarakat dalam Kesiapsiagaan dan Pengurangan Risiko Bencana (PRB), (2) Memiliki pola pikir yang sama dalam Penanggulangan Bencana dan merubah Paradigma Penanggulangan Bencana dari reaktif ke pengurangan risiko bencana, (3) Meningkatkan Pengetahuan, Kapasitas,kepekaan aparat pemerintah dan masyarakat mengenai dasar-dasar Penanggulangan Bencana, (4) Mensosialisasikan Kebijakan Pemerintah dalam Penanggulangan Bencana.

Pelaksanaan Kegiatan

Pelaksanaan Gladi Manajemen Gladi lapang kebencanaan dilaksanakan di Kab. Magelang melalui koordinasi dengan Kesbangpol PB Kab Magelang yang dilaksanakan di Hotel Pondok Tingal, dengan jumlah peserta sebanyak 60 (enam puluh) orang terdiri dari Tokoh masyarakat, Agama, PKK, Sukarelawan, dan aparat desa dan kecamatan.

Kegiatan Gladi Manajemen dan Gladi Lapangan Kebencanaan meliputi pelatihan manajemen bencana dan praktek kesiapsiagaan kedaruratan yang diikuti seluruh aparat dan perwakilan masyarakat. Jumlah peserta yan terlibat adalah sebanyak 60 (enam puluh) orang dengan penekanan pada daerah-daerah yang rawan bencana alam tinggi. Pelaksanaan kegiatan gladi manajemen dan gladi kebencanaan melibatkan aparatur pemerintahan yang terlibat dengan kebencanaan dengan unsur-unsur masyarakat (tokoh masyarakat, tokoh agama, dan sukarelawan) yang terpilih untuk mengikuti gladi manajemen. Rangkaian kegiatan gladi diawali dengan ceramah dan pemahaman kebencanaan kepada masyarakat dengan menghadirkan beberapa narasumber, yaitu dari BNPB dan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana, Dinas Kesbang Pollinmas, Dinas Sosial, PMI, dan BPBD Provinsi selaku pelaksana. Dalam pelaksanaan kegiatan gladi selain paparan dan sebagai pencerahan, juga dilakukan tanya jawab dan diskusi, serta melakukan praktek lapangan berupa bongkar pasang tenda pleton, Pelatihan PPGD, dapur umum yang dilakukan oleh seluruh peserta dan orientasi lapangan ke daerah bekas bencana Gunung Merapi di Kaliadem Kabupaten Sleman, D.I Yogyakarta.

Kegiatan Gladi Manajemen Gladi Lapang Kebencanaan sudah dilaksanakan sejak Tahun 2008 untuk daerah-daerah rawan bencana pada 3 (tiga) Bakorwil Provinsi Jawa Tengah yaitu Bakorwil I, Bakorwil II dan Bakorwil III. Kegiatan ini sangat dibutuhkan secara terus menerus guna peningkatan kesadaran dan persepsi yang sama bagi peningkatan kapasitas aparatur dan masyarakat dalam mengantisipasi bencana. Keseluruhan peserta selain mampu memahami detil kebencanaan dan praktiknya, diharapkan juga untuk menyebarluaskan informasi dan pemahaman kebencanaan bagi masyarakat disekitarnya sehingga akan lebih banyak masyarakat yang sadar bencana dan menjadi desa yang sadar dan tangguh bencana. **(Kontributor BPBD)

melaluiWarta Daerah – Central Java – BPBD SELENGGARAKAN PELATIHAN MANAJEMEN DAN TEKNIS PENANGGULANGAN BENCANA.

Iklan

Tentang bpbdkebumen

pengurangan resiko bencana
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s