Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kebumen mengingatkan masyarakat Kebumen tentang kondisi musim kemarau yang rawan kebakaran. Terbukti, dalam 4 bulan terakhir sampai Juni 2011 di Kebumen terjadi 7 musibah kebakaran. Di antaranya, terbakarnya pabrik pengolahan kayu CV Rama di Kota Gombong dengan kerugian Rp 150 juta, akibat meledaknya oven pengolahan kayu.

Menurut Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kebumen, Drs Muhyidin, sepanjang Januari sampai Juni 2011 di wilayah Kebumen tercatat 12 kejadian kebakaran. Seluruhnya menelan kerugian Rp 399.660.000. Kebakaran pabrik pengolahan kayu CV Rama dan rumah Gimin Abdul Rozak di Tersobo Kecamatan Prembun tercatat menelan kerugian terbesar, masing-masing Rp 150 juta dan Rp 85 juta. Kebakaran di rumah Gimin akibat lilin menyala yang terjatuh saat listrik padam, sehingga api lilin tersebut membakar perabotan rumah. Peristiwa itu terjadi 31 Januari 2011 atau saat musim penghujan.

“Musim penghujan saja bisa terjadi kebakaran apalagi musim kemarau yang jelas memiliki tingkat kerawanan lebih tinggi terjadinya kebakaran. Karena itu, masyarakat diimbau lebih meningkatkan kewaspadaan terhadap bahaya kebakaran di musim kemarau ini,”ujar Muhyidin di kantornya, Senin (27/6).

Berdasarkan catatan BPBD Kebumen, sejak Januari-Juni 2011 di Kebumen terjadi 12 kali kebakaran dan penyebabnya tergolong sangat bervariasi. Seperti di Desa Semampir Kecamatan Buayan 1 Januari 2011, rumah Usman Khafid dibakar oleh anggota keluarga yang sakit jiwa dengan kerugian Rp 20 juta. Sedangkan di rumah Sugito, warga Argosari Kecamatan Ayah, kebakaran terjadi akibat meledaknya kompor gas 3 kg, kerugian ditaksir Rp 20 juta.

Di rumah Maksum, Kelurahan Panjer Kebumen, musibah kebakaran akibat terbakarnya tungku sekam. Di rumah Makmurman di Desa Caruban Adimulyo, akibat terbakarnya tungku sekam. Adapun penyebab kebakaran lainnya adalah obat nyamuk bakar yang membakar kertas di dekatnya kemudian nyala api merembet ke perabotan rumah dan membakar rumah. Juga akibat masak sayur di tinggal pergi sehingga kompor meledak, akibat terjadinya konsleting listrik, mengisi bensin dekat kompor minyak dan tungku masak dari kayu yang ditinggal pergi saat nyala api belum mati.