Potensi Kekeringan Kabupaten Kebumen


KEBUMEN–MICOM: Setidaknya 77 desa di Kebumen, Jawa Tengah (Jateng), terancam kekeringan pada musim kemarau tahun ini. Ke-77 desa tersebut tersebar di 16 kecamatan.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kebumen Muhyidin mengungkapkan bahwa berdasarkan pendataan yang dilakukan BPBD, ada 77 desa dan tersebar di 16 kecamatan yang rawan kekeringan.

“Jumlah desa paling banyak di Kecamatan Ayah sebanyak 13 desa, kemudian Sempor 10 desa, Pejagoan 9 desa, Alian 8 desa, dan Sruweng 7 desa. Sementara di Kecamatan Karangsambung dan Poncowarno masing-masing 5 desa, Padureso, Rowokele, dan Kebumen masing-masing 4 desa, Buayan 3 desa, Karanggayam dan Karanganyar 2 desa. Sedangkan satu desa masing-masing berada di Kecamatan Prembun, Adimulyo dan Kutowinangun,” jelas Muhyidin, Rabu (15/6).

Kondisi tahun ini, lanjut Muhyidin, berbeda dengan tahun sebelumnya. Sebab pada 2010, kemarau di Kebumen adalah kemarau basah akibat La Nina, sehingga selama musim kemarau praktis tidak ada daerah yang kekurangan air.

“Tetapi tahun ini di Kebumen, berdasarkan prakiraan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), bulan Juni saat ini telah mulai memasuki musim kemarau. Sehingga BPBD langsung mendata wilayah-wilayah yang rawan kekeringan,” ujarnya.

Menurutnya, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan pihak terkait mengenai rencana dropping air ke daerah-daerah yang kekeringan.

“Alokasi dana untuk mengatasi kesulitan air bersih Rp154 juta atau setara dengan 1.316 tangki dengan kapasitas 4 ribu liter. Kami telah siap untuk memasok ke daerah-daerah yang kekurangan air bersih. Jika ada permintaan, langsung kami layani,” tandasnya. (LD/OL-3)

Tentang bpbdkebumen

pengurangan resiko bencana
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized dan tag , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s