Dinas Inforkomtel Kebumen — Sebagai upaya mengantisipasi bencana alam tsunami, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kebumen akan menggelar simulasi tsunami, bertempat di lapangan Desa Karanggadung, Kecamatan Petanahan,besok. Rencananya drill/ simulasi bencana alam tsunami akan melibatkan sekitar 1350 orang .

Kepala BPBD Kebumen Drs Djoko Waluyo MMPd melalui Kasi Pencegahan Bidang Pencegahan dan Kesiap-siagaan BPBD Kabupaten Kebumen Ahmad Sofani,SE mengatakan simulasi tsunami akan diikuti warga dari 5 desa pesisir di Kecamatan Petanahan. Yaitu Desa Karanggadung, Tegalretno, Ampelsari, Karangrejo serta Desa Munggu.Termasuk 300 siswa dari sekolah rawan bencana alam tsunami serta anggota masyarakat yang tergabung dalam Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (SIBAT) Desa Munggu, Kecamatan Petanahan.

Selain itu berbagai dinas instansi yang terkait juga akan dihadirkan. Seperti dari Dinas kesehatan, Disnakertransos ( Taruna Siaga Bencana), Dan Lanal Cilacap pos penjagaan Pantai Logending,PKU Muhammadiyah Gombong,SAR Elang Perkasa, SAR Lawet Perkasa serta PMI Kebumen. ” Dalam simulasi nanti, mereka akan berperan sesuai dengan tugas masing-masing” ungkap Sofani.

Lebih lanjut Sofani menambahkan simulasi tsunami sangat penting bagi masyarakat, khususnya bagi warga di wilayah pesisir.Simulasi bertujuan untuk meningkatkan kesiagaan masyarakat dalam upaya pengurangan resiko atau dampak bencana dan penyelamatan diri.” Dari simulasi tersebut, diharapkan masyarakat akan mengenali teknik-teknik penyelamatan saat menghadapi bencana tsunami sebenarnya’ tandas Sofani. -nn